free hit counters
 

Museum di Makkah Ini Simpan Kisah Rasulullah dan Sahabat

Redaksi – Rabu, 9 Jumadil Awwal 1443 H / 15 Desember 2021 09:05 WIB

Eramuslim.com – Perjuangan para sahabat Nabi Muhammad SAW mendapat tempat istimewa di Museum Ashaabee dekat Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Wajib dikunjungi nih.

Ashaabee dalam bahasa Arab berarti sahabat. Sesuai namanya museum ini memang khusus ditujukan sebagai napak tilas perjuangan para sahabat yang berjuang bersama-sama Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan Islam.

Adapun yang masuk kategori Sahabat Nabi adalah mereka yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad SAW, membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan muslim.



Kembali ke soal Museum Ashaabee. Tempat ini sejatinya belum lama dibuka, baru mau berumur dua bulan. Ya, pembukaannya memang seperti disengaja untuk menyambut musim haji.

Ketika detikcom berkunjung, Museum Ashaabee memang jadi salah satu tujuan wisata favorit para jamaah, terlebih bagi jamaah Indonesia. Lokasinya pun dekat dengan Masjidil Haram, tinggal jalan kaki sekitar 5 menit ke arah Jabar Omar.

Ada 10 ruangan yang tersedia di Ashaabee. Museum ini tak terlalu besar. Namun, dari 10 museum memiliki alur cerita yang berbeda dan saling terkait.

Perjalangan pengunjung dimulai dari kehidupan Nabi Muhammad di Makkah dan hubungannya dengan para sahabat. Lalu berlanjut dengan cerita hijrah, di mana terlebih dahulu diceritakan bagaimana pengorbanan Abu Bakar Ash Shiddiq saat menemani Rasullulah bersembunyi di Gua Tsur saat menghindar dari pengejaran kaum Quraisy

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dunia Islam Terbaru