free hit counters
 

Rekaman Kamp Uighur Tayang di YouTube, Warga Khawatir Keselamatan Vlogger

Redaksi – Rabu, 17 Rabiul Akhir 1443 H / 24 November 2021 11:00 WIB

Eramuslim.com – Sebuah video berdurasi 20 menit baru-baru ini dirilis di YouTube dan menampilkan lebih dari puluhan fasilitas penahanan di Daerah Otonomi Uighur di Xinjiang, Cina. Video ini disebut menawarkan bukti terbaru tentang dugaan upaya pemerintah Cina menekan minoritas di wilayah tersebut.

Video yang direkam oleh seorang laki-laki asal Cina bernama Guanguan ini menunjukkan lokasi beberapa pusat penahanan di wilayah itu. Guanguan memutuskan berangkat ke Xinjiang setelah membaca serangkaian artikel dari media asal Amerika Serikat, BuzzFeed News.

Video yang awalnya diposting ke YouTube ini telah menarik perhatian para peneliti dan akademisi yang selama ini berfokus pada dugaan tindakan keras Cina terhadap etnis minoritas di Xinjiang.

Alison Killing, arsitek yang bekerja dengan BuzzFeed News dalam membuat peta citra satelit kamp tersebut, mengatakan bahwa informasi baru dari video itu mengonfirmasi apa yang mereka yakini terjadi di sana.

“Jika Anda bekerja dengan menggunakan citra satelit, Anda selalu mengandalkan sumber informasi lain untuk menguatkan apa yang Anda lihat,” kata Alison Killing kepada DW. “Itu bisa berupa video di lapangan seperti yang kita lihat di sini.”

Bentuk pembuktian lain yang diandalkan oleh peneliti seperti Killing termasuk wawancara dengan mantan tahanan dan informasi dari wartawan yang mengunjungi langsung tempat itu. Dia menambahkan bahwa video Guanguan membantu mengonfirmasi apakah banyak fasilitas itu adalah penjara atau pusat penahanan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Dunia Islam Terbaru