free hit counters
 

Klinik Na-tura, Pengobatan Holistik dengan Pelayanan Kekeluargaan

Indah Puspita Rukmi – Senin, 3 Safar 1432 H / 10 Januari 2011 11:51 WIB

Tak banyak rumah pengobatan ‘beraliran’ holistik dengan metode bekam, refleksi, akupunktur yang dikelola secara profesional. Namun, Na-tura membuktikan bahwa dengan pengelolaan secara modern dan profesional, pengobatan holistik dapat tampil sebagai pilihan utama selain berobat ke dokter.

Trendsetter Klinik Holistik

Drg. Nin Miryanti kesulitan saat mengurus izin pendirian klinik Na-tura miliknya karena Dinas Kesehatan belum mempunyai format balai pengobatan terpadu dengan metode herbal dan tradisional semacam Klinik Na-tura. Walhasil, hanya para terapis yang dapat didaftarkan di sana. Na-tura yang didirikan pada 2003 di kawasan Depok memang berbeda dibanding balai pengobatan lainnya. Dengan pengobatan herbal dan metode tradisional seperti akupunktur, akupressur, refleksi, dan bekam yang diterapkannya, membuat Na-tura banyak dikunjungi pasien, terutama yang tidak suka operasi.

Berawal dari pengalaman anak-anaknya saat sakit dan berobat ke dokter, Drg. Nin merasakan pengobatan medis yang berlebihan, yakni penggunaan antibiotik yang terlalu banyak untuk penyakit ringan. Dari situ, Nin mulai mencari pengobatan alternatif dan menemukan obat-obatan herbal yang berasal dari alam. Nin bahkan mengikuti kursus dan ujian dalam pengobatan herbal tersebut sehingga mendapat sertifikasi. Setelah sukses mempraktekkan pengobatan herbal pada ketiga anaknya dan keluarganya, pada 2003, Nin mendirikan Klinik Na-tura yang fokus pada pengobatan dan penyembuhan pasien dengan obat-obatan herbal serta dengan metode tradisional seperti akupunktur, akupressur, refleksi, dan bekam. Karena berlatar pendidikan kedokteran gigi, Nin pun membuka praktek dokter gigi di klinik tersebut.

Drg. Nin Miryanti dan suami

Dua tahun pertama pendirian Na-tura bagi Nin adalah saat yang berat karena harus mensosialisasikan alternatif pengobatan yang selama ini mungkin dipandang sebelah mata. Namun berkat kerja keras dan usahanya, Na-tura mulai mendapat tempat di masyarakat. Kini, member Na-tura sudah mencapai ribuan orang dan ratusan pasien baru berdatangan tiap bulannya. Suami Nin, Aris Permana, bahkan resign dari perusahaan tempatnya bekerja untuk membantu manajemen Klinik Na-tura.

Pelayanan Kekeluargaan dan Pemberdayaan Masyarakat

Menurut Aris, Managing Director Na-tura, tujuan bisnis Na-tura yang mempunyai tagline ‘One Stop Solution for Natural Health Care’ adalah membangun bisnis yang berpusat pada kebahagiaan para pelakunya, baik manajemen, karyawan, bahkan pasien. Tak heran, meski mempunyai target untuk membuka beberapa cabang di tahun 2011, Aris dan istri lebih mementingkan pelayanan kepada pasien dibanding fokus untuk mengejar keuntungan semata. Oleh karena itu, ‘konsumen adalah raja’ sangat diterapkan di Klinik Na-tura. Pasien yang datang ke Na-tura tidak sekadar mendapatkan pelayanan pengobatan dan terapi tapi juga keramahan dari para pegawai di Na-tura. Setiap pasien tersebut juga ditelepon secara berkala untuk memantau perkembangan kesehatannya dan memastikan perawatan berjalan secara baik. Banyak pasien dengan penyakit kronis yang berangsur-angsur pulih setelah menjalani pengobatan di Na-tura. Na-tura berpengalaman menangani berbagai penyakit ringan dan berat seperti stroke, kanker, tumor, kista, hepatitis, diabetes, asam urat, batu ginjal, hipertensi, gangguan jantung, pengeroposan tulang, autis, gangguan seksual, mandul, obesitas, dan lain-lain.



Soal kepegawaian, Na-tura juga punya cara tersendiri untuk mengkader para pegawainya. Banyak lulusan SMA sederajat yang direkrut oleh Na-tura dan dikader sehingga menjadi terapis handal atau asisten dokter. Setiap karyawan juga diberi tugas berbeda sesuai dengan bidang pekerjaannya, misalnya membaca buku marketing untuk bagian marketing, dsb.

Dari sisi produk dan jasa layanan, Na-tura memiliki keunggulan sekaligus keunikan, yakni:

  1. Pengobatan yang lebih aman karena standar kesehatan yang terpenuhi, misalnya penggantian/pencucian alat-alat kesehatan yang terstandardisasi
  2. Pengobatan dengan hanya menggunakan tanaman obat/herbal yang hampir tanpa efek samping
  3. Biaya ekonomis dengan pelayanan kesehatan yang baik. Biaya pengobatan di Klinik Na-tura berkisar Rp 55 ribu s.d. Rp 135 ribu (pengobatan umum) dan Rp175 ribu sd. Rp7,5 juta (untuk pengobatan gigi).
  4. Metode pengobatan akupunktur, dll, yang sudah berumur ribuan tahun akan membuat pasien lebih sembuh secara sempurna karena sesuai dengan fisiologi organ tubuhnya
  5. Pengobatan lebih aman secara nilai kesopanan karena tanpa membuka pakaian sama sekali (untuk akupunktur). Pasien wanita dan pria juga terpisah ruangannya sehingga kenyamanan saat berobat dapat terasa.
  6. Pelayanan Na-tura selalu penuh keramahan, simpatik, dan kekeluargaan karena berfokus untuk memberikan rasa nyaman bagi setiap pasien.

Anda yang tertarik untuk mencoba pengobatan alternatif dengan obat-obatan herbal dan metode pengobatan tradisional dapat berkunjung ke Klinik Na-tura yang berlokasi di Jalan Margonda Raya No. 535 A, Depok. Telp. (021) 727 0642. Dengan mendaftar sebagai member dengan pilihan paket Rp50 ribu atau Rp75 ribu, Anda sekeluarga sudah berhak mendapat pelayanan terbaik dari Klinik Na-tura dengan potongan harga 10%, gratis minuman herbal, dan diskon beberapa produk tertentu yang bekerja sama dengan Na-tura. Selamat mencoba!(ind)

Info Bisnis Terbaru