free hit counters
 

13 Hikmah dan Manfaat Sholat Tahajud Jika Rutin Dilakukan, Doanya Mudah Dikabulkan

Kebiasaan yang Dilakukan Orang Saleh

Salat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Tentunya orang-orang saleh tersebut mengetahui bagaimana tata cara salat tahajud serta hikmah dan manfaat sholat tahajud yang luar biasa bagi diri mereka. Maka, bila Anda juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka Anda juga termasuk orang yang saleh.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

Menjaga Kesehatan Rohani

Kalau Anda selalu rutin dalam mengerjakan amalan ibadah yang paling utama di malam hari ini, tentu saja akan ada keistimewaan yang bisa Anda raih. Selain keistimewaan sholat tahajud di atas, Anda juga bisa mendapatkan hikmah dan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan seperti kesehatan rohani yang cukup terjaga.

Hal ini sudah jelas ditegaskan oleh Allah SWT dengan mengatakan bahwa orang yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati dan ramah dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari.

Allah SWT telah berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

Mengangkat derajat

Bagi setiap muslim yang taat kepada Allah SWT dan rajin dalam menjalankan ibadah, termasuk ibadah salat tahajud pada sepertiga waktu malam, derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT.

Sebagaimana Allah berfirman: “Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79).

Hikmah dan Manfaat Sholat Tahajud Lainnya

Orang yang senantiasa menjalankan shalat tahajud akan mendapatkan hikmah dari shalat tahajud tersebut. Shalat tahajud merupakan suatu wasilah (sarana) terbaik bagi seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya sehingga jiwa orang tersebut akan merasa tenang, tenteram dan memperoleh derajat yang mulia di sisi Tuhannya. Berikut menurut M. Abdul Qadir Abu Faris, dalam bukunya “Menyucikan Jiwa”:

1) Menguatkan tali hubungan dengan Allah.

2) Menyucikan ruh dan menaikkannya pada derajat mulia.

3) Membuat suka beribadah, menjauhi maksiat, dan jauh dari kufur dan malas beribadah.



4) Melunakkan hati.

5) Mendapat ridha Allah dan masuk surga.

6) Wasilah terbaik bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri pada Tuhannya.

[MERDEKA.COM]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3Lihat semua

Hikmah Terbaru