free hit counters
 

Agar Pintu Hikmah Terbuka, Baca Doa Ini

Eramuslim – ISLAM mengajarkan umat Muslim mengambil hikmah dari setiap kejadian. Orang yang bisa mengambil hikmah tersebut adalah orang-orang yang beruntung.

Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) juga mengatakan demikian. “Setiap kejadian akan selalu ada hikmah yang terbaik, Insya Allah,” katanya lewat akun Instagram @Aagym.

Aa Gym memaparkan, Allah SWT berfirman:

“...(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (Q.S Al Imran 3: 191)

Oleh karena itu ia menganjurkan agar setiap Muslim memanjatkan doa pembuka hikmah ketika terjadi suatu peristiwa, seperti wabah corona.



“Mudah-mudahan dengan doa ini Allah membukakan kita hikmah sehingga kita bisa menyikapi kejadian apapun dengan sikap yang Allah ridhai,” katanya.

Doa yang ia maksud yakni:

اَللّهُمَّ افْتَحْ لَنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya: Duhai Allah bukakanlah hikmah dariMu dan berikanlah pertolongan kepada kami dengan rahmatMu, wahai Zat Pemilik Keagungan dan Kemuliaan. (okz)

Tafakur Terbaru