free hit counters
 

Kapan Batas Waktu Sholat Isya? Ini Penjelasan Ulama

eramuslim.comBanyak umat Muslim yang bertanya-tanya kapan waktu batas sholat Isya? Pasalnya, jeda waktu sholat Isya menuju ke sholat subuh cukup panjang.

Tak sedikit umat Muslim yang menyepelekan mengerjakan sholat Isya karena merasa waktu sholat Subuh masih lama. Lantas, kapan batas waktu sholat Isya sebenarnya?

Berikut melansir dari Suara.com merangkum ulasan mengenai batas waktu sholat Isya menurut para ulama.

Batas Waktu Sholat Isya

1. Sholat Isya

Sholat Isya merupakan sebuah nama untuk saat awal langit mulai gelap (setelah maghrib) hingga sepertiga malam yang awal. Sholat Isya disebut demikian karena dikerjakan pada waktu tersebut.

2. Awal Waktu Sholat Isya

Para Ulama sepakat, bahwa awal waktu sholat Isya adalah jika telah hilang sinar matahari di langit.

3. Batas Waktu Sholat Isya



Para Ulama berselisih pendapat terkait akhir waktu sholat Isya.

  • Pendapat Pertama: Mengatakan bahwa akhir waktu sholat Isya adalah sepertiga malam. Ini adalah pendapatnya Imam Syafi’I dalam Al Qoul Jadid, Abu Hanifah dan pendapat yang masyhur dalam mazhab Maliki.
  • Pendapat Kedua: Mengatakan bahwa akhir waktu sholat Isya adalah setengah malam. Inilah pendapatnya Sufyan Ats Tsauri, Ibnu Mubarok, Ishaq, Abu Tsaur, Mazhab Hanafi dan Ibnu Hazm Rohimahumullah.
  • Pendapat Ketiga: Mengatakan Bahwa Akhir waktu sholat Isya adalah ketika terbit fajar shodiq. Inilah pendapatnya ‘Antho’,’Ikrimah, Dawud Adz Dzohiri, salah satu riwayat dari Ibnu Abbas, Abu Huroiroh dan Ibnu Mundzir Rohimahumullah.

Pendapat yang tepat menurut Syaukani dalam masalah akhir waktu sholat Isya yang terbaik adalah hingga setengah malam berdasarkan hadis Abdullah bin ‘Amr sedangkan batas waktu bolehnya mengerjakan sholat Isya adalah hingga terbit fajar, berdasarkan hadits Abu Qotadah.

Sedangkan pendapat yang dinilai lebih kuat menurut penulis Shahih Fiqh Sunnah adalah setengah malam, jika hadits Anas adalah hadits yang tidak shohih.

[Suara]

Tafakur Terbaru