free hit counters
 

Konsultasi Arsitektur : Renovasi 2 Lantai Tanpa Membongkar Rumah Lama

bangunrumah123

bangunrumah123

Eramuslim.com – Assalaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki rumah yang ingin di renovasi. Namun karena keterbatasan biaya kami ingin disainnya dibuat hemat dan tidak terlalu banyak bongkar.

kami ingin di lantai 1 ada 2 kamar tidur, lalu di lantai atas ada 1 kamar tidur dan 1 ruang pelayan. Selain itu kami juga ingin ada ruang cuci jemur di atas, void yang menghubungkan lantai atas dan bawah.

Lantai dasar ingin kami urug setingi 80 cm hingga 1 meter. Untuk itu kami mohon dibuatkan disain yang praktis namun juga tetap indah dan berkesan minimalis modern rumah masa kini.

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Rosada

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Rosada yang saya hormati, rumah lama yang masih satu lantai saya pertahankan semuanya. Hanya bagian belakang saja yang saya rubah sedikit. Karena tangga ke lantai atas saya masukkan di area ini. Area lama yang merupakan service area sangat cocok untuk di bongkar. Karena kamar mandi cuci yang lama saya geser sedikit hingga posisinya kini berada di bawah tangga.

bangunrumah123

bangunrumah123

Kamar mandi lama yang berada di tengah bisa dijadikan kamar mandi ruang tidur utama. Atau bisa saja tetap tidak diubah pintunya. Nah, dengan pola seperti ini sebenarnya tidak banyak yang saya bongkar. Dapur lama tetap di tempat lama, kamar tidur juga tidak berpindah, apalagi carport. Jadi sebagian besar rumah lama tetap tidak berubah.

bangunrumah123

bangunrumah123

Konsentrasi saya sebenarnya hanya pada urugan tanah yang ketinggiannya mencapai 1 meter. Karena dengan pola ini rumah lama akan terkubur sekitar 1/3 nya. Biaya akan membengkak disini. Karena banyak struktur utama rumah yang harus dibuat baru.

bangunrumah123

bangunrumah123

Setelah struktur baru lantai 1 dibuat, maka konsentrasi saya bisa berpindah ke lantai 2. Sisi kanan yang merupakan ruang service area saya jadikan ruang pelayan, ruang cuci jemur dan wc cuci. Sisi kiri akan tetap menjadi area private, yaitu ruang tidur. Dengan pola ini maka kita akan memiliki peluang untuk membuak void penghubung lantai 1 dan 2 di area tengah.

bangunrumah123

bangunrumah123

Terakhir pola atap. Dengan gaya atap setengah kuda – kuda akan membuat pola fasad menjadi modern dan minimalis. Dipadu padankan dengan warna – warna cerah ciri khas rumah modern membuat bangunan ini tampil sesuai dengan zamannya. Segar dan menarik. Tidak monoton dan tampil baru di tengah – tengah lingkungan yang ada.

bangunrumah123

bangunrumah123



Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi solusi hemat bagi renovasi murah meriah.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like¬†FB Fanpage Bangunrumah123¬†untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur atau klik : www.bangunrumah123.com/ email : [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru