free hit counters
 

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Hemat Rumah Di Tanah 78M

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

 Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Saya  memiliki tanah 78 m2. Ingin rasanya merenovasi rumah yang ada. Data kami lampirkan. Ingin diubah jadi 2 lantai seperti artikel berikut :

/konsultasi/arsitektur/46733.htm#.Uwwsqn-I5kg

Namun saya ingin dibuatkan dengan disain yang lebih minimalis namun tetap murah. Kebutuhan kamar di atas ada 2 buah. Lalu ada juga ruang service area. Bagaimana cara mendisain nya ?

Di bawah saya ingin hanya ada 1 kamar tidur saja. Agar kesannya lapang.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Putra – Serpong

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Putra yang saya hormati, lahan yang ada cukup unik. Karena bagian depan melebar dan belakang mengecil. Hal ini membuat tembok bangunan tidak sama antara kiri dan kanan nya. Hingga ruangan dalam tidak berbentuk simetris.

 

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Untuk memudahkan disain maka saya buat dapur di depan. Hingga ada 2 pintu masuk ke rumah ini. Dari dapur dan dari ruang tamu. Terpisah secara jelas melalui zone plan yang berbeda.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Ruang tidur lama yang di belakang saya pertahankan. Kamar mandi juga tetap menggunakan yang lama. Dan kamar depan berubah menjadi dapur. Hingga renovasi nya murah dan tidak banyak bongkar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Pola ini membuat ruang tengah menjadi lapang dan nyaman. Lega dan luas karena tidak ada sekat pembatas. Cocok untuk disain rumah mungil yang sangat membutuhkan area lapang di dalam rumah.

Lantai 2 saya ikuti pola strukturnya. Hingga pola struktur lantai dasar tidak mubazir. Kamar mandi juga saling tumpnag tindih atas bawah. Konsep ini membuat pekerjaan murah. Karena jalur air yang hemat dan tidak berlika liku.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Di belakang masih bisa saya selipkan service area yang komplit. Mulai dari ruang pelayan, wc cuci, ruang cuci jemur hingga ruang setrika dan void untuk aliran hawa.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Di depan ada balkon yang menawan. Tidak semuanya di cor. Agar tidak gelap dan pengap. Hingga tampak muka juga masih tetap indah dan manis. Dengan permainan balkon dan tembok minimalis yang dipadu bersama kolom portal sederhana.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan semoga bisa menjadi baiti jannati. Akhirul kalam,



Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

[email protected]  atau  [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur dan website: www.bangunrumah123.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru