free hit counters
 

Makanan Anak

Asslamu’alaikum wr.wb 

Langsung aja dok, anak saya umurnya 1 thn 10 bln,

1). Kalau ia makan udah kenyang, dan terus minta dibuatin susu formula, apakah baik bagi ia  ?

2). Kemudian kalau ia tidak makan pagi dan siang (malamnya makan) kadang2 dalam sehari itu ia minta dibuatin  susu formula sampe 7 botol, apakah baik bagi kesehatannya ?



Terima kasih atas jawabnnya,

wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Secara umum Rasulullah SWT, telah memberikan tuntutan kepada kita dalam hal makan“kami kaum yang tidak makan sehingga merasa lapar dan bila makan kami tidak sampai kenyang”(HR Abu Daud)
“Tempat paling jelek yg diisi oleh manusia adalah perutnya, cukup baginya makan beberapa suapan untuk menegakkan tulang punggung, jika tidak dapat maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minumnya dan sepertiga untuk nafasnya” (HR Tirmidzi)
Dari kedua hadist di atas jelas bahwasannya sesuatu yang berlebihan (sudah kenyang tapi masih tetap minum susu, dan minum susu sampai 7 botol perhari) tidak baik bagi tubuh. Dari sudut pandang medis hal ini juga tidak baik, karena jika sudah kenyang tapi tetap dipaksakan minum, maka akan menyebabkan pencernaan tidak bisa bekerja secara optimal. Pada anak kecil kadang hal ini dapat menyebabkan muntah.
Kemudian minum susu formula (sufor) sampe tujuh (7) botol sehari, menurut kami terlalu berlebihan. Karena sebaiknya kebutuhan gizi anak disuplai dari beraneka jenis makanan (sayuran, nasi, lauk pauk) agar daya tahan tubuh anak baik, sehingga anak tidak mudah sakit. Dari beberapa penelitian anak yang hanya minum sufor (tidak minum ASI) maka akan meningkatkan resiko terkena asma, alergi, dan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kronis lainnya. Untuk itu mulai sekarang beri pengertian anak agar mau makan makanan lainnya, sehingga pemberian sufor cukup 2 – 3 botol per hari.
Wassalam..

Klinik Sehat Terbaru