free hit counters
 

Anak Gagap Bicara

Assalamu’alaikum Bunda,

Pertanyaan saya singkat saja Bunda, Anak saya M.Fadlan 4y8m kalo bicara agak gagap seperti mengulang sebagian suku kata didepannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa solusinya ? Saya khawatir hal tersebut akan terbawa hingga dia remaja bahkan sampai dewasa. Dan apakah ada faktor keturunan sebab saya pun, ketika masih kecilnya berbicara persis seperti anak saya sekarang? Demikian Bunda, atas jawaban dan penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam,

Dani

Jawab :

Wa’alaykumsalam Wr. Wb.,



Pak Dani, subhanalloh..bapak sangat perhatian terhadap anak, jarang lho..bapak-bapak yang bertanya dirubrik konsultasi ini, memang anak yang dekat dengan ayahnya akan membuat anak menjadi lebih pandai, lebih berani dan berhasil dalam pergaulan karena ada ”super hero” disampingnya. Mengenai anak bapak yang dalam hal ini sulit untuk bicara ada banyak faktor pak, bisa juga situasiketurunan, maksudnya bila dalam keluarga ada yang bicara gagap, anak menjadi terikut. Bisa juga anak gagap karena takut pada sesuatu, atau dia gagap karena selama ini sering dimarahi atau sering dibentak, nah hal ini bisa menjadi pertimbangan buat bapak untuk mencarikan orang terdekat seperti guru atau baby siter dan tentu saja ayah ibunya untuk bersikap ‘mendukung‘ dan memberinya rasa nyaman agar dia merasa confidence untuk bicara apapun. Hal lain dalam mencari solusi sebaiknya bapak atau orang terdekatnya tidak membahas lagi kegagapannya dan latihlah bicara dan usahakan dia untuk selalu bicara dan bicara perlahan-lahan, kalau terlalu cepat atau seru dalam bicara dan menceritakan sesuatu, maka bisa mengakibatkan anak menjadi gagap.

Kemudian bila remaja, apakah anak menjadi gagap atau tidak, saya pikir tergantung situasai remajanya nanti, yang penting ketika sudah bisa menulis, anak bisa diajak untuk menulis dan mengungkapkan perasaannya, kemauannya secara runut dan sistematis. Bila setiap hari dibiasakan menulis maka, anak akan menjadi mudah dan runut ketika bicara. Semoga berhasil ya Pak, btw: bapak dulu waktu remaja bagaimana ? Ikuti saja cara orangtua bapak mengasuh bapak ketika remaja, dan sekarang tidak gagap lagi kan?

Saya juga terkadang suka gagap juga lho pak, ketika antara pemikiran dengan apa yang ingin disampaikan membuat saya menjadi sangat susah untuk bertutur cerita dengan runut, karena terlalu semangat dalam bercerita. salam hangat dan sukses ya pak, salam sayang ananda.

Wassalam

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Terbaru