free hit counters
 

12 Nama Bulan Islam serta Keberkahan di Baliknya

Manfaat Kalender Hijriyah di Era Modern

Di era modern, Kalender Hijriyah sangat membantu kaum muslim untuk menentukan terjadinya Bulan Ramadhan. Salah satunya dengan melihat peristiwa hilal, ini diketahui sering terjadi pada awal pergantian bulan.

Selain itu, manfaat lainnya yakni untuk mengetahui peristiwa idul fitri, dimana terjadi pada 1 Syawwal. Hal ini memudahkan kaum muslim saat melakukan silaturahmi sanak saudara serta saling bermaafan.

Manfaat lainnya, Umat Islam juga mengetahui kapan terjadinya Idul Adha pada tanggal 10 Dzuhijjah. Hal ini sangat membantu mereka dalam proses Sholat Ied. Adapun manfaat lainnya seperti:

  • Mematuhi Allah SWT serta Rasulullah SAW.
  • Berpegang teguh terhadap sunnah Al-khulafa Ar-Rasyidin.
  • Memudahkan waktu untuk beribadah.
  • Simbol kekokohan jati diri mereka.

Nama Bulan Islam (Hijriyah)

Kalender bulan Islam (Hijriyah) mempunyai ciri khas setiap bulannya memiliki penghitungan yang berbeda. Dengan kata lain, sebutannya pun juga memiliki perbedaan dengan kalender Masehi. Bahkan, terdapat arti tersendiri di setiap bulannya.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36)”

Penamaan ini memiliki arti untuk sejarah Islam dan terkadang sebagai pengingat kejadian awal mula agama Allah ini muncul. Masing-masing dari bulan ini memiliki kesan tersendiri. Adapun ke dua belas namanya adalah sebagai berikut:

  1. Muharram

Bulan ini terdiri dari 30 hari dan 1 muharram dikenal sebagai tahun baru Islam. Secara Bahasa, bulan ini berarti bulan yang diharamkan atau bisa disebut sebagai bulan berisi banyak pantangan.

Kenapa hal tersebut terjadi? Awal mulanya masyarakat Arab menganggap bulan ini adalah awal baru serta tidak diperbolehkan terjadi suatu peperangan. Dalam sejarah, mereka mentaati kepercayaan tersebut dan dalam peristiwanya tidak pernah terjadi kerusuhan/permusuhan.



Salah satu langkah untuk menuju falsafah bulan Muharam adalah memahami kandungan ayat-ayat Al-Quran. Salah satu ayat Al-Quran yang menyinggung bulan ini adalah Q.S. at-Taubah/ 9: 36.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

 “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa”. (Q.S. at-Taubah/ 9: 36).”

BACA JUGA:

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5Lihat semua

Ringan Berbobot Terbaru