free hit counters
 

12 Nama Bulan Islam serta Keberkahan di Baliknya

  1. Syawal

Bulan yang memiliki total hari 29 hari ini, memiliki keunikan sendiri bagi umat Islam. Secara bahasa, Syawal memiliki arti yaitu “kebahagiaan”. Hal tersebut terjadi dikarenakan pada bulan ini terdapat hari raya idul fitri pada tanggal 1.

Bahkan, pada bulan ini terdapat keberkahan untuk saling bersilaturahmi ke sesama sanak saudara, di sisi lain memohon maaf agar tidak terjadi dendam. Selain itu, di bulan ini masyarakat Arab sering melakukan proses memerah susu pada unta betina.

  1. Dzulka’dah

Bulan Dzulka’dah memiliki total hari sebanyak 30 hari dan terdapat sebuah arti tersendiri yaitu “beristirahat”. Setelah melalui bulan syawal yang dipenuhi kebahagiaan, masyarakat Arab menetapkan bahwa bulan ini adalah bulan tenang.

Hal tersebut di latarbelakangi terjadinya penetapan, bahwa pada bulan ini pantang untuk melakukan peperangan.

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

 “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679)

  1. Dzulhijah

Nama bulan ini merupakan bulan suci selain bulan Ramadhan. Pada akhir bulan Dzulhijah, umat Islam melakukan rukun Islam kelima yaitu melaksanakan haji bila mampu. Selain itu, pada bulan ini juga dianjurkan bahwa muslimin semua melakukan proses berkurban di tanggal 10.

Proses berkurban juga sudah diisyaratkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW pada HR. Ahmad dan Ibnu majah:



Barangsiapa yang memiliki kemampuan namun tidak berqurban, makan jangan sekali-kali mendekat ke tempat shalat kami. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Hal itu dapat menjadikan semangat dalam melakukan kehidupan sehari-hari bila Anda selalu berbuat baik sesama umat. Jangan lupa bagikan kebaikan ini ke kerabat semua untuk mendapatkan keberkahannya.

Demikian nama bulan Islam yang terdiri dari 12 bulan. Semoga Anda mendapatkan berkah di setiap bulannya.

Sebagai umat Islam, alangkah baiknya bila melakukan kebaikan pada salah satu bulannya, terlebih Ramadhan. (MIT)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3 4 5Lihat semua

Ringan Berbobot Terbaru