free hit counters
 

Jejak Jalur Rempah di Eropa

Diawali dengan datangnya peradaban baru- semangat yang baru lahir-Islam dan peradaban lama yang lelah (Kekaisaran Romawi Barat). Pada tahun 711M Dinasti Ummayah dengan mudah menyebar ke Semenanjung Iberia Al-Andalus-( kini Spanyol dan Portugal). Dari sinilah, ilmu pengetahuan yang bersumber dari pemikiran-pemikiran Yunani yang dibawa oleh bangsa Moor, menggantikan pemikiran Abad Pertengahan-kegelapan di wilayah Iberia.

9 Fakta Jalur Rempah, sebuah jejak peradaban yang wajib kamu keta

Ilmu pengetahuan ilmiah, aljabar, geometri, astronomi, kimia, kedokteran berkembang pesat, banyak akademi didirikan. Terjalin toleransi antar umat beragama yang mantab antara Yahudi, Islam dan Kristen. Dan setelah Eropa tumbuh menjadi negara Bangsa, Dalam perkembangan selanjutnya, dikemudian hari, mengantarkan bangsa Spanyol dan Portugal menjadi kekaisaran besar di Eropa, yang menguasai pelayaran samudera bebas di awal Abad Modern.

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Sedikit pengantar mengenai kawasan Mediterania, dimana semua negara kota di wilayah Italia utara hidup dari perdagangan. Kota-kota maritim itu; Genoa, Venice, Florence dan Pisa. Genoa, kota kelahiran Columbus. Venice menjadi salah satu negara bagian Italia yang makmur dan masyhur. Venice menjadi bandar pusat rempah-rempah sebelum menyebar ke seluruh Eropa. Menjadi tempat pertukaran budaya bangsa di dunia.

Kemasyhuran kota Venice ini terekam oleh Penyair Inggris William Shakespeare di awal Abad ke- 17, dalam karyanya The Merchant of Venice. Sedangkan Florence adalah kota yang menjadi sumber utama dari Abad Pencerahan-Renaisans. Hampir semua nama besar dalam bidang kesenian awal dan bidang politik dalam perkembangan selanjutnya, berhubungan dengan Florence. Seperti Loenardo Davinci, Michelangelo, Raphael dan Niccolo Machiavelli.



Bergesernya Peta Perdagangan Jalur Rempah di Eropa

Memasuki periode penting dalam sejarah dunia, ditandai dengan bergesernya peta perdagangan Jalur Rempah di Eropa. Sejarahnya diawali ketika Ottoman berhasil menghancurkan tembok super tebal Konstantinopel ibukota Kekaisaran Romawi Timur pada bulan Mei tahun 1453. Dan secara otomatis kota Venice dan kawasan Mediterania menjadi dominasi-daerah kekuasan kekaisaran Ottoman. Pergeseran peta kekuasaan inilah, mengakibatkan para pedagang Portugis dan Spanyol harus “terusir” dari Venice, dan mencari jalur lain untuk mendapatkan kebutuhan akan rempahrempahnya.

Yang berarti harus mendapatkan rempah –rempah langsung dari sumbernya. Bangsa Spanyol dan Portugal yang lebih dulu maju dan makmur: menguasai ilmu pengetahuan ilmiah dibanding kawasan Eropa lainnya semenjak dibawah Dinasti Ummayah, pada tahun 1492 Columbus dengan menggunakan petunjuk peta geografi Ptolemeus dan ilmu yang dipelajari selama belajar di Imago Mundi berdasarkan beasiswa Muslim, serta atas sponsor dari Ratu Arogan Spanyol, berhasil menemukan San Salvador –Amerika Utara.

Mengubah Spanyol menjadi sebuah Kekaisaran. Disusul armada laut lainnya dari Spanyol yang dipimpin oleh Ferdinand Magellan di tahun 1519-1522 yang membawa 237 pelaut, lima kapal dan berhasil mencapai Filipina. Namun berakhir dengan hanya 1 kapal dan 18 pelaut yang berhasil kembali ke Spanyol.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5Lihat semua

Tahukah Anda Terbaru