free hit counters
 

Rahasia Di Balik Penanaman Ribuan Bougenville di Jalan Jakarta

Eramuslim.com – Dalam waktu-waktu tertentu, terutama di musim kemarau, jalanan di seantero Jakarta semarak oleh warna-warni mekarnya bunga Bougenville yang sedemikian indah. Bukan hanya di jalur tengah jalan tol, tapi juga di jalur pedestrian dan bahkan di bantaran sungai sekali pun, tanaman hias asal Amerika Selatan yang ditemukan oleh penjelajah Perancis bernama Antoine Du Bougenvillea, ditanam dengan massif.

Menurut data yang ada, penanaman ratusan ribu tanaman hias Bougenville sudah dicanangkan Gubernur DKI Anies Baswedan sejak tahun 2019. Awalnya di sepanjang jalur Sudirman-MH. Thamrin.

Anies memulai kegiatan penanaman 100 ribu bougenville sepanjang Jalan Sudirman – MH. Thamrin, pada Ahad (18/8/19). Awalnya ditanam seratus ribuan dan sekarang bukan mustahil sudah di angka sejutaan.

Keindahan bunga Bougenville sudah bukan rahasia umum lagi, Anies Baswedan sendiri pernah mengatakan jika dengan melihat keindahan bunga ini maka bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan kadar stress bagi warga Jakarta yang setiap waktu dikejar kesibukan.

Namun ada manfaat lain dari Bougenville yang sudah diuji oleh banyak riset ilmiah di dalam maupun luar negeri, yakni kemampuan Bougenville yang cukup tinggi untuk menyerap kadar polutan di kota-kota besar. Tentu saja, ini bukan satu-satunya cara, namun cukup efektif untuk menyumbang kebersihan udara di Jakarta.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru